Monday, June 21, 2010

Keuntungan yang di dapat dengan rokok


venny isabella - 915070019

Rokok merupakan suatu silinder kertas yang memiliki isi daun-daun tembakau yang dapat mengakibatkan ketagihan untuk merokok secara terus menerus. Meskipun semua yang merokok baik perokok atau pemula pun mengetahui bahwa seseorang yang menghisap rokok terkena penyakit dan lebih cepat meninggal, ditemukan penelitian bahwa setiap 8 menit orang meninggal akibat merokok. Tidak hanya ditujukan kepada perokok aktif, perokok pasif pun juga dapat meninggal akibat menghirup asap rokok.




Akibat negatif dari rokok, sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. Dalam asap rokok yang membara karena diisap, tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan CO (karbon mono oksida), yang disamping asapnya sendiri, tar dan nikotine dihirup masuk ke dalam jalan napas. CO, Tar, dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan : ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya. Tar dan asap rokok merangsang jalan napas, dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan : Batuk-batuk atau sesak napas, Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas, lidah atau bibir. Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah. Oleh sebab itu, darah orang yang kemasukan CO banyak, akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida. Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO, namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit, dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas dan pada pembuluh darah. hormon dari anak ginjal yang menyebabkan: Jantung berdebar-debar dan meningkatkan tekanan darah.


Tapi dilihat juga sisi positif atau keuntungan yang didapat, mungkin keuntungan ini bukan didapat bagi perokok aktif maupun pasif tetapi lebih diperuntukkan untuk petani tembakau, tengkulak tembakau, pemilik pabrik rokok, para buruh pabrik rokok, para supplier pabrik rokok, pemilik distributor rokok, para karyawan distributor rokok, para pemilik toko penjual rokok, para karyawan toko penjual rokok, para pemilik warung rokok dan para pengasong rokok. Mereka-mereka lah yang akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan yang tiap tahunnya terus meningkat. Meskipun tidak dipungkiri rokok juga mendatangkan devisa negara. Selain itu, sekarang para peneliti di China mengatakan mereka menemukan cara yang dapat membuat daur ulang puntung rokok menguntungkan dari sisi ekonomi. Mereka menemukan bahwa dengan mencelupkan puntung rokok ke dalam air mereka dapat mengeluarkan sembilan jenis bahan kimia termasuk nikotin. Bila bahan-bahan ini dioleskan ke jenis baja yang sering digunakan industri minyak, bahan-bahan kimia itu ternyata sangat efektif untuk mencegah baja itu berkarat dalam kondisi sulit sekalipun. Selama ini industri minyak membutuhkan biaya sangat besar untuk mengganti pipa baja yang berkarat.


Akan sangat sulit untuk menyuruh seseorang untuk berhenti merokok. Karena mereka sudah kecanduan akan tembakau yang mereka bakar setiap waktunya. Bahkan belum lama, ditemukan seorang anak berusia 2 tahun setiap harinya merokok setidaknya 40 batang sehari. Ini diakibatkan pendidikan dan pengetahuan yang kurang oleh masyakat terutama yang tinggal di daerah. Mereka mengira akan merasa keren dengan merokok karena melihat adegan-adegan di film, yang memperlihatkan pria yang gagah itu adaah pria yang merokok. Oleh karena itu, sebaiknya adanya penyuluhan secara menyeluruh agar masyarakat mengerti akan dampak-dampak buruk apabila merokok.

0 comments: