Wednesday, June 23, 2010

Intuisi & Pengambilan Keputusan


Ardiana hery/915070203

Intuisi & Pengambilan Keputusan


Keberhasilan sebuah organisasi tentunya tidak terlepas dari sebuah keputusan yang diambil oleh pemimpinnya. Pengambilan keputusan adalah hal yang terpenting karena pengambilan keputusan berkaitan erat dengan masa depan suatu organisasi, baik itu keputusan kecil sehari-hari yang berjangka pendek sifatnya, ataupun keputusan yang mempunyai sifat jangka panjang.

Seorang pemimpin sebelum mengambil keputusan sudah pasti mengidentifikasi suatu masalah terlebih dahulu, kemudian melakukan analisa. Keputusan bisa diambil berdasarkan pendapat sendiri atau hasil dari kesepakatan bersama anggota organisasi lainnya yang kesemuanya itu berdasarkan pertimbangan logika dan mempunyai satu tujuan untuk mencapai kesepakatan tujuan bersama.

Namun terlepas dari itu semua kita sebagai manusia dalam prakteknya, keputusan sebagian besar tidak hanya diambil berdasarkan logika. Pengambilan keputusan juga bisa didasarkan pada intuisi seseorang. Intuisi itu sendiri sifatnya tidak jelas dan biasanya mempunyai ciri terjadi tiba-tiba tanpa dapat dijelaskan secara rasional, sehingga seringkali kita seperti merasakan suatu hal tanpa bisa menjelaskan alasannya.

Tajam atau tidak tajamnya intuisi seorang pemimpin sangat ditentukan oleh pengalamannya, Karena intuisi bekerja di alam bawah sadar, sehingga seringkali kita merasakan adanya hubungan antara situasi baru yang dihadapi dengan berbagai pengalaman di masa lalu. Mungkin kita tidak mengingatnya secara detail, namun jauh di alam bawah sadar kita merasakan bentuknya ada yang sama tanpa disadari dan tanpa alasan untuk menjelaskan.

Pada kenyataannya kita harus menerima bahwa intuisi mempunyai peran dalam pengambilan keputusan. Terlebih jika pada saat terdesak dimana suatu keputusan harus segera diambil dalam waktu terbatas, disinilah peran intuisi sangat diperlukan oleh seorang pemimpin. Namun perlu diingat intuisi memang membantu dalam proses pengambilan keputusan, tapi akan lebih baik jika sebelumnya mengidentifikasi masalah dan mengumpulkan informasi terlebih dahulu karena intuisi sendiri bersifat subjektif sehingga bisa saja intuisi seseorang salah.


Sebagai seorang pemimpin yang baik dalam mengambil keputusan hendaknya dapat menyeimbangkan antara logika serta intuisinya. Dan satu hal yang terpenting adalah jangan mengambil suatu keputusan dalam keadaan emosi yang sedang tinggi karena akan mempengaruhi pikiran anda, perasaan yang tenang akan membawa pikiran yang positif.




0 comments: