Monday, June 21, 2010

Arsitektur dan Symbol Negara oleh Eduard Tjahjadi

by : sha guvta - 915070205

symbol berasal dari bahasa Latin symbolium atau symbolon yang artinya objek, gambar, tulisan, suara, atau tanda tertentu yang mewakili sesuatu yang lain oleh asosiasi, kemiripan atau konvensi.

symbol
* merupakan salah satu cara manusia mengekspresikan sesuatu yang telah ada disemua kebudayaan.
* mencerminkan intelektualitas, emosi dan spirit manusia
* memungkinkan terjadinya sebagian besar hubungan komunikasi manusia baik verbal maupun non-verbal
* merupakan bahasa universal lintas budaya dan zaman

arsitektur berasal dari bahasa Latin Architectura yang artinya seni dan ilmu merancang bangunan dan struktur fisik lainnya.
dalam arti yang lebih luas Arsitektur adalah
MIKRO : desain bangunan atau bangun-bangunan, kompleks bangunan dan desain furniture
MAKRO : desain perkotaan seperti kawasan, bagian kota dan arsitektur lansekap




Arsitektur sebuah bangunan bukan hanya dilihat dari kemiringan tanah ataupun bahan-bahan yang dapat digunakan, tetapi juga berdasarkan dari latar belakang Negara dan daerah dimana bangunan tersebut akan didirikan.

bukan hanya itu saja, sejarah ataupun rasa hormat mereka terhadap seseorang yang berjasa juga dapat menjadi ide dalam pembuatan sebuah bangunan yang akan menjadi symbol dari daerahnya.

sebuah kekuasaan seseorang dan komunikasi politik juga dapat terealisasi dalam sebuah bentuk bangunan.

banyak hal yang terkandung dalam sebuah symbol yang disampaikan melalui sebuah bangunan, namun seringkali ini tidak dipahami oleh masyarakat awam. karena tujuan mereka juga bukanlah masyarakat awam tetapi mereka yang bergelut di dunia arsitek dan memang perhatian terhadap bentuk dari sebuah bangunan yang beridiri.

sebuah bangunan bisa menjadi legenda dan diingat oleh banyak orang karena bentuknya dan sejarah bangunan itu sendiri, dan jelas publikasi terhadap bangunan itu sendiri.
secanggih apapun tehnik pembangunan sebuah gedung namun tidak dipublikasi tidak akan ada masyarakat luar daerah yang mengetahui dan tertarik terhadap bangunan tersebut.

arsitektur bangunan berpengaruh terhadap symbol yang akan disampaikan dalam sebuah bangunan, begitu juga sebaliknya sebuah symbol sangat mempengaruhi bagaimana hasil akhir dari sebuah bangunan.

jadi, sebuah bangunan memang memiliki arti tersendiri bila dimaknai dengan sengaja saat pembuatannya.
symbol bukan hanya melekat pada bangunan, tetapi juga pada tata letak sebuah kota, daerah dan pengaturan daerah perkantoran pemerintah.

dari sinilah sebuah Negara dapat memiliki jati dirinya, akan ada banyak kesamaan apabila sebuah Negara menyamaratakan pengaturan terhadap tata letak ruang kota.
dari sini jugalah sebuah negara akan memiliki 'ikon' bagi negaranya.


0 comments: