Wednesday, June 23, 2010

sejuta makna tugu monas


by: Sha Guvta - 915070205





pasti banyak yang kenal sama monas kan??kamu kenal??
oke,,monumen nasional atau yang biasa disebut monas mulai dibangun pada tahun 1959 yang merancangnya arsitek asli Indonesia yaitu, Friedrich Silaban, Ir. Rooseno dan R. M. Soedarsono tapi baru diresmikan oleh presiden pertama Indonesia Ir Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1961.

Bapak Pembangunan Indonesia mengumumkan bahwa monas dibuka untuk umum sejak 12 Juli 1975.

melihat siratan makna tugu monas

Monas dibangun setinggi 132 meter dan berbentuk lingga
(alu atau anatan) yang penuh dimensi khas budaya bangsa Indonesia sedangkan yoni (lumbung). Alu dan lumbung dirasa dapat mewakili jati diri bangsa Indonesia karena merupakan alat rumah tangga yang terdapat hampir di setiap rumah penduduk. Seluruh bangunan ini dilapisi oleh marmer.




lidah api
Di bagian paling atas terdapat cawan yang di atasnya terdapat lidah api dari perunggu yang tingginya 17 meter dan diameter 6 meter dengan berat 14,5 ton. Lidah api ini dilapisi emas seberat 45 kg. Lidah api Monas terdiri atas 77 bagian yang disatukan.
"Api Nan Tak Kunjung Padam" yang berarti melambangkan Bangsa Indonesia agar dalam berjuang tidak pernah surut sepanjang masa.

pelataran atas
Pelataran atas luasnya 11x11 m. Untuk mencapai pelataran sana, kita bisa menggunakan lift dengan lama perjalanan sekitar 3 menit. Dari pelataran puncak Monas, kita bisa melihat gedung-gedung pencakar langit di kota Jakarta. Jika udara cerah, kita juga bisa melihat Gunung Salak di Jawa Barat maupun Laut Jawa dengan Kepulauan Seribu.
keren kan!!cuma di monas kita bia lihat semuanya :D

pelataran bawah
Pelataran bawah luasnya 45x45 m. Tinggi dari dasar monas ke pelataran bawah itu 17 meter. Di bagian ini kita bisa melihat taman monas yang merupakan hutan kota yang indah.
*semoga masih indah sampai saat ini di posting :)

museum sejarah nasional
Di bagian bawah Monas terdapat sebuah ruangan yang cukup luas yaitu Museum Nasional. Tingginya yaitu 8 meter. Museum ini menampilkan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Luas dari museum ini adalah 80x80 m. Pada keempat sisi museum terdapat 12 diorama (jendela peragaan) yang menampilkan sejarah Indonesia dari jaman kerajaan-kerajaan nenek moyang Bangsa Indonesia hingga G30S PKI.

cuma info aja dimuseum ini "ada rekaman suara bapak Ir. Soekarno bacain teks Proklamasi loh!!"

yap!!klo ada yang menyadari dari tadi angka-angka yang berada di tugu monas ini sangat terkait sama Indonesia. mulai dari jati diri masyarakat sampai tanggal kemerdekaan kita yang jadi patokan pembangunannya. angka 17 - 8 - 1945 dipakai untuk selalu mengingat tanggal bersejarahnya Indonesia.


segini aja dulu deh postingan tentang monas
sebenernya masih banyak hal yang bisa dikupas dari salah satu tempat bersejarah di Jakarta
tapi kali ini cukup si tugunya aja dulu yaaa
:)



mau isi liburan nambah pengetahuan
dateng ke monas jangan sungkan-sungkan

1 comments:

Anonymous said...

ayo ke monaaaaas!!!
bayar berapa sih masuk ke monas??
mahal ga??
tinggal dijakarta tapi blm pernah ke monas ni
cuma sampe di halamannya aja